Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SELF-DETERMINATION PADA SISWA SEKOLAH DASAR


PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SELF-DETERMINATION PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Self-determination sangat penting dikembangkan pada diri siswa karena dapat memberikan pedoman dan prinsip yang diinformasikan secara empiris untuk memotivasi mereka dalam mengeksplorasi pengalaman, peristiwa, dan untuk membuat suatu perubahan yang adaptif dalam tujuan, perilaku, dan hubungan. Self-determination dapat menciptakan suatu iklim yang kondusif bagi perubahan yang langgeng. Oleh sebab itu, seorang guru di SD juga didorong untuk mendukung tumbuhnya self-determination pada siswanya.
www.riviewbuku.com
Adapun langkah yang dapat dilakukan guru di dalam upaya meningkatkan self-determination pada siswa SD dapat dilakukan melalui implementasi pendekatan dari tiga kebutuhan dasar psikologi manusia. Di sini, peran guru yang utama adalah mengembangkan proses pembelajaran yang mendukung pengembangan otonomi siswa. Misalnya, di dalam pembelajaran Matematika tentang Bangun Datar, guru menyediakan berbagai bentuk segi-n bangun datar. Lalu siswa diberi kebebasan di dalam memilih bangun datar segi-n mana yang akan dia amati dalam proses belajarnya. Guru tidak perlu mendikte siswa agar memilih segitiga, segiempat, dan sebagainya.

Dengan terbangunnya suatu otonomi diri, maka siswa akan mendapatkan suatu penghargaan terhadap dirinya sendiri dan kepercayaan terhadap kompetensi akan mudah didapatkan. Otonomi diri dalam perspektif yang positif yang didasarkan pada kompetensi diri yang baik akan memudahkan siswa di dalam membangun suatu hubungan yang baik dengan lingkungan sosialnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peran guru di dalam meningkatkan self-determination pada siswa SD dapat dilakukan dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang mendukung otonomi siswa, pengakuan terhadap kompetensi serta hubungan yang aman dan nyaman. Dengan demikian, tiga aspek kebutuhan dasar psikologis siswa dapat terpenuhi dan mendukung terbentuknya self-determination dalam konteks yang positif.

Posting Komentar untuk "PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SELF-DETERMINATION PADA SISWA SEKOLAH DASAR"