Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESENSI BUKU PEREMPUAN PEMIMPIN KARYA BETTI ALISJAHBANA


Jika saya berbincang tentang perempuan  pemimpin mungkin ada sebagian orang yang berkomentar? Pemimpin kok perempuan ,pemimpin itu lebih baik laik- laki itu pembicaraan yang sering saya dengar !
Betti alisjahbana tidak asing lagi untuk didengar  beliau adalah seorang perempuan  karir sekaligus pemimpin yang kerap kali diundang diberbagai perusahaan untuk sharing pengalaman seputar leadership dan seputar worshop leadership yang sering diadakan rutin setiap bulanya diadakan untuk peserta umum.
www.riviewbuku.com
 Perlu diketahui tidak salah sama sekali jika pemimpin di pimpin oleh seorang perempuan negri masih bisa berdiri kokoh contoh pemimpin perempuan ibu mega wati soekarno putri dan ibu kartini. Perempuan punya kekuatan tersendiri untuk memimpin memang terkadang banyak yang berpendapat perempuan terkesan lemah biasanya  seorang lelaki yang mengatakan begitu dan menganggap remeh seorang  perempuan. Tapi bagi anda wanita jangan di ambil pusing jika anda di bilang lemah, bukan ! bukan lemah tapi kalian (perempuan) memang diciptakan menjadi ingsan yang lemah lembut.
Membaca buku ini membuat saya semakin menjadi sesosok perempuan yang memiliki kepribadian luar biasa. Kekuatan perempuan itu akan terlihat ketika sudah tenggelam didalam situasi yang panas atau didalam sumber badai.
Untuk menjadi perempuan pemimpin  yang baik kita harus memiliki tekad yang kuat untuk berupa memberikan yang terbaik untuk setiap tugas atau profesi yang sekarang ini sedang kita tekuni.
Saya sangat berkeinginan kelak bisa menapaki jalan menjadi perempuan berkarir yang sukses dimasa depan, ternyata menjadi perempuan berkarir membutuhkan  empat pondasi untuk sukses di dunia kerja. Yang pertama yaitu kita harus memiliki perfomance atau kinerja ialah suatu bukti bahwa kita memiliki kemampuan untuk menjalankan segala konsistenan dalam bekerja untuk dapat dipercaya dan diberi sebuah pertanggung jawaban.
Yang kedua perseverence adalah kemampuan untuk tetap tegar menghadapi segala masalah yang di hadapi di dunia karir banyak dihadapan kita berbagai masalah muncul tetapi anggap saja itu hanya sebuah tantangan jangan sampai mematah sebuah rasa semangat yang ada dalam diri kita dengan rasa tegar semua akan dilalui dengan baik. Yang ketiga practice ialah terus belajar dan berlatih. Walaupun nantinya permasalahan agar berlalu begitu saja kita harus tetap belajar dan berlatih agar semakin luas dan besar kemampuan kita. Untuk pondasi yang terakhir adalah patience atau kesabaran dalam menjalaani dunia karir mempunyai konbinasi yang unik dalam menjalani semuanya diantara nya gesit dan bergerak cepat di satu sisi, tetapi juga sabar jika ada suatu hal yang diluar kendali.
Kepemimpinan wanita !
Kepemimpinan perempuan memang secara prinsip tidak ada yang membedakan antara pemimpinnya perempuan ataupun laki- laki. Keduanya bisa saling bekerja sama. Siapapun itu atau siapa pun mereka yang terpenting menjadi pemimpin memiliki dan menguasai ilmu menejemen yang tinggi, memahami visi, perencanaan, mengorganisasikan, pengimplementasi,  dan melakukan pengawasan. Tetapi tidak dapat di pungkiri perempuan dan laki- laki dari beberapa pemimpin perempuan dan laki- laki ada perbedaan, perbedaan itu terletak pada bagian karakter. 
Dari sinilah perempuan memiliki kelebihan ketika memimpin perempuan terbiasa melakukan kegiatan atau pekerjaan secara multitasking dalam sehari- hari. Sebagai contoh seorang ibu harus pandai membuat sebuah rencana, karena terbiasaan itu perempuan menjadi lebih mudah dan umumnya lebih kompleks dan detail dalam memikirkan dan menjalani sesuatu.
Selain itu saya mengamati perempuan lebih terbiasa untuk mendidik, hal ini menjadi terbiasa ketika bekerja dan memimpin lebih memberikan perhatian yang lebih dalam membimbing. Perempuan juga memiliki kecenderungan mengayomi di lingkungannya.
 Menurut saya kehadiran perempuan sangatlah berperan penting. Sebisa mungkin adanya perempuan bisa menjadikan lingkungan menjadi nyaman.
Perempuan  punya pilihan akan masa depanya sesuai dengan kekuatan dan bakatnya dan sesuai dengan apa yang diiinginkanya. Terkadang secara potensi perempuan tidak kalah dengan laki-laki, tetapi terkadang ada beberapa hal yang sering menjadi penghalang bagi wanita untuk merealisasikan potensinya dan menjadi pemimpin salah satu penghalangnya yaitu dirinya sendiri misalnya tidak memiliki cita- cita yang tinggi atau merasa takut akan sebuah kegagalan atau bahkan juga merasa tidak mampu untuk menjadi pemimpin.
Banyak  perempuan yang takut akan cita- citanya, jika difikir salah satu kunci keberhasilan untuk mengapai posisi yang tertinggi ialah adanya cita-cita yang menjadikan langkah lebih terarah. Ada sebagian orang orang yang memiliki kinerja dan potensi yang baik, namun terkadang prestasinya menurun untuk menjadi perempuan tidak bisa hanya dilakukan secara instan tetapi untuk menjadikan yang terbaik harus mempunyai ilmu dan pengalaman, memiliki kesempatan dan rasa tangggung jawab untuk menjadi pemimpin.
Ada beberapa perempuan memiliki potensi untuk mencapai ke posisi yang lebih tinggi merasa khawatir dan merasa tidak sanggup untuk dibebani tangggung jawab. Perempuan adalah seseorang yang sangat identik dengan sikap lembut, cekatan, telatan dan lebih teliti. 
Sedikit menceritakan  tentang  perjalanan kepemimpinan saya sendiri entah bisa dikatakan pemimpin atau tidak akan tetapi saya sudah dua tahun ini menjabat sebagai ketua kelas di madrasah diniyah al-ammiriyah ketika saya duduk di bangku kelas empat tingkat ula hinggga sekarang ini yaitu kelas satu wustho tingkat wustho, sebagai perempuan pemimpin yang memegang jabatan tertinggi di kelas saya mengajarkan teman-teman menjadi perempuan yang independen, percaya diri, dan semangat mengapai mimpinya. Saya membantu teman-teman yakin bahwa selagi kita berusaha dan tekad yang kuat kesuksesan akan hadir di depan mata. 
Yang sering saya lakukan adalah memberikan bimbingan yang di lakukan bersama-sama oleh teman-teman satu kelas dengan mengulang pelajaran kembali yang dibentuk menjadi beberapa kelompok selain itu menciptakan lagu-lagu terbaru untuk hafalan yang bergengsi yaitu al-fiyah ibnu malik agar teman-teman merasa lebih semangat dan tidak merasa bosan sedikitpun. Tetapi namanya saja menjadi pemimpin pasti ada saja tantangan dalam memajukan kegiatan tersebut, terkadang merasa lelah menghadapi teman-teman yang sulit diatur tetapi saya sangat menyadari itu sudah menjadi amanat dan tanggung jawab untuk menjadikan yang terbaik. Dalam forum kepengurusan saya sering mengadakan diskusi dan sharing.
*uswatun 

Posting Komentar untuk "RESENSI BUKU PEREMPUAN PEMIMPIN KARYA BETTI ALISJAHBANA"