SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM TAHUN 1947
SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM TAHUN 1947
Lahirnya Kurikulum 1947
Lahirnya kurikulum 1947 tidak terlepas dari perubahan
situasi politik saat itu. Deklarasi kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945
berdampak langsung pada dunia pendidikan. Sistim Pendidikan yang pada awalnya
berbasis pada penjajah, baik Belanda maupun Jepang, berubah menjadi sistem
pendidikan yang disesuaikan dengan keadaan bangsa indonesia. Perubahan yang
terjadi dalam bidang pendidikan merupakan perubahan yang mendasar, yaitu
perubahan yang menyangkut landasan idil, tujuan pendidikan, sistem persekolahan
dan kesempatan belajar bagi rakyat Indonesia.
1. Landasan yuridis kurikulum
1947
Kurikulum 1947 merupakan kurikulum pertama yang diciptakan oleh
bangsa Indonesia dengan dasar landasan hukum yang berlaku Indonesia. Dengan
menteri pertama adalah Mr Suwandi yang digantikan oleh Mr Ali Sastro Amidjojo
mencoba meneruskan usaha yang telah dilakukan oleh Mr Suwandi
bersama BPKNIP. Tugas pokok dari badan ini adalah menyususn RUUPP dengan
mempergunakan bahan yang pernah diperbincangkan dalam kongres Pendidikan
Nasioanl. Setah itu menteri pendidikan di ganti oleh Ki Hajar Dewantara. Pada
tahun itu pula RUUPP dapat diselesaikan dan diajukan ke Badan
Pekerja Komite Nasional Indonesia pusat namun belum sempat dibahas karena kota
yogyakarta saat itu diduduki oleh Belanda.
2. Tujuan pendidikan
Sebelum tahun 1945 atau sebelum Indoesia merdeka tujuan pendidikan
di Indonesia dirumusan oleh penjajah. Pada zaman Jepang, terjadi indoktrinasi
yang cukup ketat. mereka berusaha men-Jepang-kan Indonesia terutama
pemuda-pemudanya. Maka dari itu dirancanglah tujuan pendidikan nasional saat itu
pembentukan warga negara yang sejati yang sangup menyumbangkan tenaga dan
pikiran untuk negara dan bangsa yang menitik beratkan pada semangat patriotisme
dan kesadaran nasional.
3. Isi dan struktur kurikulum
1947 di SMP
a. Isi
Semua isi pelajaran kurikulum pada masa panjajahan diubah haluan
dan berpusat pada negara Indonesia sendiri. Dengan 16 mata pelajaran.
b. Struktur
Kurikulum
Struktur kurikulum SPM tahun 1947 mengalami perubahan jika
dibandingkan dengan struktur kurikulum SMP yang berlaku pada zaman jepang tahun
1942. Perubahan yang terjadi adalah sekolah menengah hasil ciptaan Jepang
diubah menjadi SMP dengan masa studi 3 tahun. Mereka yang menempuh tiga tahun
dan lulus berhak melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Pada kelas tiga akan
adanya pembagian jurusan. Bagian A, jurusan Bahasa dan Pengetahuan sosial
sedangkan bagian B, jurusan ilmu pasti dan pengetahuan Alam.
Berikut
ini adalah struktur kurikulum 1947 yang disebut Rencana Pembelajran
NO.
|
Mata
Pelajaran
|
Jumlah
jam pelajaran dalam satu minggu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||
1.
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
5
|
2
|
Bahasa
Daerah
|
2
|
2
|
3
|
2
|
3
|
Bahasa
Inggris
|
3
|
3
|
4
|
2
|
4
|
Berhitung
|
4
|
4
|
2
|
4
|
5
|
Ilmu
Ukur
|
3
|
3
|
-
|
3
|
6
|
Ilmu
Alam
|
2
|
2
|
2
|
5
|
7
|
Ilmu
Hayat
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8
|
Ilmu
Bumi
|
2
|
2
|
3
|
2
|
9
|
Sejarah
Tatanegara
|
2
|
-
|
3
|
2
|
10
|
Pengetahuan
Dagang
|
-
|
1
|
2
|
-
|
11
|
Seni
Suara
|
1
|
1
|
1
|
1
|
12
|
Menggambar
|
1
|
1
|
1
|
2
|
13
|
Pekerjaan
Tanggan
|
1
|
1
|
1
|
1
|
14
|
Pendidikan
Jasmani
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
Budi
Pekerti
|
-
|
-
|
-
|
-
|
16
|
Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
|
32
|
36
|
35
|
37
|
4. Proses pembelajaran
Proses pembelajaran yang dilakukan saat itu lebih ditekankan pada
pemahaman materi yang berpusat pada wilayah Indonsis. Materi-materi pelajaran
yang sebelumnya berkiblat pada penjajah diubah menjadi berpusat pada Indonesia
yang berorentasi pada tercapainya tujuan pendidikan nasional.
5. Penilaian
Penilain
hasil belajar dilakukan beberapa kali, melalui ulangan harian, ulangan umum
catur wulan, dan ujian penghabisan. Ujian penghabisan digunakan untuk
menentukan kelulusan dan harus mencapai nilai minimal 6. Ujian pengahabisan
diselenggarakan oleh rayon dengan soal yang dibuat oleh pusat ( Inspeksi pusat
SMP, Jawatan pengajaran, kementerian pengajaran dan kebudayaan.
Daftar Rujukan
Tim Penyusun. 2009. Perkembangan
Kurikulum SMP: Struktur Program, Proses Pembelajaran, dan Sistem Penilaian
Sejak Zaman Penjajahan Sampai dengan Era Reformasi. Jakarta: Depdiknas
Posting Komentar untuk "SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM TAHUN 1947"