Hubungan antara Metode Penelitian dan Proses Pengungkapan Kebenaran dalam Ilmu Pendidikan
Hubungan antara Metode Penelitian dan Proses Pengungkapan Kebenaran dalam Ilmu Pendidikan
Pendidikan adalah bagian terpenting dari peradaban manusia. Manusia melalukan proses belajar melalui pendidikan, baik itu pendidikan formal (sekolah) maupun pendidikan non formal (keluarga dan masyarakat). Manusia dapat mengembangkan suatu peradaban beserta kebudayaan yang ada di dalamnya melalui proses belajar. Peran pendidikan yang begitu penting bagi kehidupan manusia membuat beberapa kalangan berlomba-lomba untuk mengembangkan ilmu pendidikan itu sendiri. Hal tersebut tentunya akan membawa suatu perubahan yang signifikan terhadap perkembangan dunia pendidikan itu sendiri. Di sisi lain, pendidikan juga dihadapkan pada beberapa masalah yang timbul di dalam aplikasi ilmu-ilmu pendidikan dan pembelajaran di sekolah, di keluarga, maupun di masyarakat.
Adanya
suatu masalah membawa seseorang untuk melakukan sebuah penelitian untuk
mengungkapkan suatu kebenaran. Kebenaran di dalam ilmu pendidikan bersifat
relatif, ada yang dapat digeneralisasi serta ada pula yang bersifat spesifik dan
unik. Di dalam pengungkapan kebenaran pada suatu penelitian, seseorang harus
menggunakan suatu metode penelitian yang ilmiah. Pengungkapan kebenaran tidak
serta merta hanya dengan melihat fakta, mendengar informasi maupun menelusuri
sumber. Lebih dari itu, pengungkapan kebenaran di dalam ilmu pendidikan harus menggunakan
metode penelitian yang tepat dan efektif untuk mengungkapkan kebenaran secara
sistematis, rinci, ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan.
Pemilihan
metode penelitian menjadi sangat penting di dalam proses penelitian. Masalah
yang diangkat di dalam suatu penelitian akan menemukan kebenaran sejati atau
tidak dapat diukur dari metode penelitian yang akan digunakan. Mengapa
demikian? Tidak setiap masalah memiliki parameter yang sama untuk mengungkapkan
kebenaran. Masalah-masalah yang hendak mencari kebenaran berupa angka lebih
tepat mengunakan metode penelitian kuantitatif.
Penelitian yang hendak menggambarkan suatu fenomena atau kebenaran suatu masalah dengan menggunakan ungkapan, kata-kata, uraian lebih tepat menggunakan metode penelitian kualitatif. Pada penelitian yang hendak menghasilkan suatu produk yang dikembangkan peneliti untuk menjawab suatu masalah yang terjadi di dunia pendidikan akan lebih tepat menggunakan metode penelitian dan pengembangan (reseacrh & development). Adapun beberapa masalah penelitian di dunia pendidikan juga menuntut peneliti untuk mendapatkan data yang berupa angka dan uraian dalam satu penelitian sehingga peneliti lebih tepat menggunakan metode penelitian campuran (mixed method).
Penelitian yang hendak menggambarkan suatu fenomena atau kebenaran suatu masalah dengan menggunakan ungkapan, kata-kata, uraian lebih tepat menggunakan metode penelitian kualitatif. Pada penelitian yang hendak menghasilkan suatu produk yang dikembangkan peneliti untuk menjawab suatu masalah yang terjadi di dunia pendidikan akan lebih tepat menggunakan metode penelitian dan pengembangan (reseacrh & development). Adapun beberapa masalah penelitian di dunia pendidikan juga menuntut peneliti untuk mendapatkan data yang berupa angka dan uraian dalam satu penelitian sehingga peneliti lebih tepat menggunakan metode penelitian campuran (mixed method).
Ilmu
pendidikan termasuk di dalam ranah ilmu sosial humaniora sehingga setiap
pengungkapan kebenaran harus bersifat ilmiah untuk menghindari kebenaran yang bersifat
subjektivitas peneliti yang hanya di dasarkan pada asumsi. Pemilihan metode
yang tepat akan membantu peneliti untuk memandu dirinya di dalam proses
pencarian kebenaran sehingga terhindar dari sikap mengedepankan subjektivitas
semata. Kesimpulan yang akan diperoleh di dalam suatu penelitian pendidikan
yang menggunakan metode penelitian yang tepat akan menjawab setiap masalah yang
ada sehingga proses pengungkapan kebenaran benar-benar dapat
dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan keilmuan.
Posting Komentar untuk "Hubungan antara Metode Penelitian dan Proses Pengungkapan Kebenaran dalam Ilmu Pendidikan "