Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hubungan antara Metode Penelitian dan Proses Pengungkapan Kebenaran dalam Ilmu Pendidikan


Hubungan antara Metode Penelitian dan Proses Pengungkapan Kebenaran dalam Ilmu Pendidikan 


Pendidikan adalah bagian terpenting dari peradaban manusia. Manusia melalukan proses belajar melalui pendidikan, baik itu pendidikan formal (sekolah) maupun pendidikan non formal (keluarga dan masyarakat).  Manusia dapat mengembangkan suatu peradaban beserta kebudayaan yang ada di dalamnya melalui proses belajar. Peran pendidikan yang begitu penting bagi kehidupan manusia membuat beberapa kalangan berlomba-lomba untuk mengembangkan ilmu pendidikan itu sendiri. Hal tersebut tentunya akan membawa suatu perubahan yang signifikan terhadap perkembangan dunia pendidikan itu sendiri. Di sisi lain, pendidikan juga dihadapkan pada beberapa masalah yang timbul di dalam aplikasi ilmu-ilmu pendidikan dan pembelajaran di sekolah, di keluarga, maupun di masyarakat.

Adanya suatu masalah membawa seseorang untuk melakukan sebuah penelitian untuk mengungkapkan suatu kebenaran. Kebenaran di dalam ilmu pendidikan bersifat relatif, ada yang dapat digeneralisasi serta ada pula yang bersifat spesifik dan unik. Di dalam pengungkapan kebenaran pada suatu penelitian, seseorang harus menggunakan suatu metode penelitian yang ilmiah. Pengungkapan kebenaran tidak serta merta hanya dengan melihat fakta, mendengar informasi maupun menelusuri sumber. Lebih dari itu, pengungkapan kebenaran di dalam ilmu pendidikan harus menggunakan metode penelitian yang tepat dan efektif untuk mengungkapkan kebenaran secara sistematis, rinci, ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan.
Pemilihan metode penelitian menjadi sangat penting di dalam proses penelitian. Masalah yang diangkat di dalam suatu penelitian akan menemukan kebenaran sejati atau tidak dapat diukur dari metode penelitian yang akan digunakan. Mengapa demikian? Tidak setiap masalah memiliki parameter yang sama untuk mengungkapkan kebenaran. Masalah-masalah yang hendak mencari kebenaran berupa angka lebih tepat mengunakan metode penelitian kuantitatif. 

Penelitian yang hendak menggambarkan suatu fenomena atau kebenaran suatu masalah dengan menggunakan ungkapan, kata-kata, uraian lebih tepat menggunakan metode penelitian kualitatif. Pada penelitian yang hendak menghasilkan suatu produk yang dikembangkan peneliti untuk menjawab suatu masalah yang terjadi di dunia pendidikan akan lebih tepat menggunakan metode penelitian dan pengembangan (reseacrh & development). Adapun beberapa masalah penelitian di dunia pendidikan juga menuntut peneliti untuk mendapatkan data yang berupa angka dan uraian dalam satu penelitian sehingga peneliti lebih tepat menggunakan metode penelitian campuran (mixed method).

Ilmu pendidikan termasuk di dalam ranah ilmu sosial humaniora sehingga setiap pengungkapan kebenaran harus bersifat ilmiah untuk menghindari kebenaran yang bersifat subjektivitas peneliti yang hanya di dasarkan pada asumsi. Pemilihan metode yang tepat akan membantu peneliti untuk memandu dirinya di dalam proses pencarian kebenaran sehingga terhindar dari sikap mengedepankan subjektivitas semata. Kesimpulan yang akan diperoleh di dalam suatu penelitian pendidikan yang menggunakan metode penelitian yang tepat akan menjawab setiap masalah yang ada sehingga proses pengungkapan kebenaran benar-benar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan keilmuan.

Posting Komentar untuk "Hubungan antara Metode Penelitian dan Proses Pengungkapan Kebenaran dalam Ilmu Pendidikan "