Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

METODE JITU PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK TINGKAT DASAR


 Metode Jitu Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Tingkat Dasar

Perkembangan dewasa  saat ini telah menempatkan  bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa pergaulan internasional. Dalam posisinya itu, bahasa Inggris merupakan bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi, karenanya tanpa kemampuan bahasa Inggris seseorang akan mengalami kesulitan dalam pergaulan dunia yang semakin terbuka, cepat, dan tak terkendali.
 Metode Jitu Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Tingkat Dasar

Berbekal konsep di atas, bahasa Inggris sangat penting dikenalkan kepada anak sedini mungkin. Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang cukup susah dipelajari oleh kebanyakan anak  Indonesia (karena struktur bahasa Inggris dalam banyak hal bertentangan dengan bahasa Indonesia), karena itu bila anak belajar bahasa Inggris dari awal, hendaknya mereka belajar dalam situasi yang menyenangkan ditangan guru-guru yang kompeten, sehingga mennjadi modal mereka untuk belajar bahasa Inggris ditingkat yang lebih lanjut (SMP, SMA, dan selanjutnya). Kita tidak ingin terjadi hal yang sebaliknya, justru siswa sudah antisipasi dengan dengan bahasa Inggris sejak SD, yang disebabkan  oleh pengalaman belajar yang tidak menyenangkan di SD.
Di dalam pembelajaran ini lebih terdapat adanya penekanan bahasa Inggris pada unsur-unsur bahasa paling dasar dan yang paling diperlukan, yaitu: kosakata, pengucapan, tata bahasa sederhana, dan percakapan sederhanana. Di samping unsur-unsur tersebut juga sangat membutuhkan konsekuensi dari pihak sekolah adalah perlunya penataan pembelajaran bahasa Inggris di SD. Penataan paling penting adalah kesiapan seorang guru, oleh karena itu diperlukan adanya kegiatan peningkatan kemampuan guru mengajarkan bahasa Inggris. dengan lebih mengingat pentingnya belajar bahasa Inggris adalah dengan menciptakan suasana pembelajaran yang sangat nyaman dan membangkitkan minat dan motivasi belajar Bahasa Inggris.untuk itu seorang guru lebih mempelajari bagaimana metode pembelajaran Bahasa Inggris yang baik dan memtivasi belajar siswa.
Adapun yang dimaksud dengan pembelajaran merupakan usaha sadar guru unuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu didapatkannya kemampuan baruu yang berlaku dalam waktu yang relative lama dan karena adanya usaha.mengajar bukan hanya menyampaikan materi pelajran saja, akan tetapi mengajar merupakan suatu proses mengubah perilaku siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh sebab itu, di dalam proses mengajar terdapat kegiatan membimbing siswa agar siswa berkembang sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya, melatih keterampilan baik keterampilan intelektual maupun keterampilan motorik sehingga siswa dapat dan berani hidup di masyarakat yang cepat berubah dan penuh persaingan. Memotivasi siswa agar mereka dapat memecahkan berbagai persoalan hidup dalam masyarakat yang penuh dengan tantangan dan rintangan.  
Adapun metode yang dibutuhkan oleh seorang guru untuk memenuhi menjadi guru yang sesuai dengan kriteria  guru prefesional dalam mengajar bahasa Inggris yakni sebagai berikut yang sesuai dengan konsep belajar bahasa dan peningkatan perkembangan anak-anak SD seperti yang telah diuraikan pada bagian-bagian diatas:
a.Total Physical Response (TPR)
Metode pembelajaran ini yang sesuai dengan konsep learning by doing adalah metode Total Physical Response (TPR). TPR merupakan suatu metode yang diturunkan dari the natural approach yang digagas oleh Stephen Krashen dan Nancy terrell pada tahun 1977.secara garis besar the natural approach ini menyatakan bahwa beajar suatu Bahasa asing harus dilakukan secara alamiah, menyerupai proses belajar bahasa ibu.
Dalam the natural approach, TPR merupakan salah satu Teknik dalam tahap-tahap awal (preproduction) mengajarkan bahasa Inggris. Dalam TPR, siswa merespon kalimat-kalimat perintah yang diucapkan oleh guru. Dalam tahap ini siswa seakli tidak mengeluarkan kata-kata, melainkan hanya memberikan respon secara fisik. Tahap selanjutnya adalah tahap early production, dimana siswa mulai memberikan respon verbal yang sangat sederhana, seperti menjawab pertanyaan, “what color is the sky?” siswa menjawab “green”.
b. The reading method
The reading method menekankan pada membaca sebagai kegiatan utama belajar bahas inggris. Pada tahap awal-awal , dilakukan membaca nyaring (Reading aloud) dengan tujuan melatih pengucapan. Membaca nyaring sangat penting untuk anak-anak sekolah dasar untuk membiasakan alat-alat ucap mereka membentuk bunyi-bunyi bahasa Inggris.
c. Songs and Games
Permainan dan lagu dapat memiliki dua fungsi penting dalam dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pertama, berbagai macam permainan dan lagu-lagu dapat digunakan untuk mengajar bahasa Inggris, seperti kosakata, pengucapan, dan kelancaran (fluency). Kedua, permainan dan lagu dapat memperkenalkan masyarakat dan budaya pemakai bahasa Inggris sebagai Bahasa pertama. Beberapa contoh permainan dan lagu diberikan khusus untuk bekal para guru di Bangli mengajarkan Bahasa Inggris di SD.
d. Field Study
Media terbaik untuk pembelajaran adalah obyek langsung. Guru perlu membawa siswa belajar di alam nyata, dimana siwa belajar bahasa Inggris dari benda-benda dan kehidupan disekitarnya. Dilihat dari sudut pandang ini, hal terbaik yang dapat dilakukan guru untuk mengajak siswa belajar secara otentik dan bermakna adalah dengan menyediakan language rich environment (lingkungan yang kaya bahasa). 
Kegiatan pengenalan bahasa Inggris dengan metode ini diharapakan dapat berlangsung secara terus menerus dan bertahap apalagi dengan pembelajaran dengan cara menarik sehingga anak bisa lebih senang dan ceria akan bisa memaksimalkan kemampuan belajar bahasa kedua anak sehingga akan muncul anak-anak Indonesia kedepan yang mampu lebih fasih berbahasa Inggris.

Posting Komentar untuk "METODE JITU PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK TINGKAT DASAR"