METODE JITU PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK TINGKAT DASAR
Metode Jitu Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Tingkat Dasar
Perkembangan dewasa saat ini
telah menempatkan bahasa Inggris adalah satu-satunya
bahasa pergaulan internasional. Dalam posisinya itu, bahasa Inggris merupakan bahasa
ilmu pengetahuan dan teknologi, karenanya tanpa kemampuan bahasa Inggris
seseorang akan mengalami kesulitan dalam pergaulan dunia yang semakin terbuka,
cepat, dan tak terkendali.
Berbekal konsep di atas, bahasa Inggris sangat penting dikenalkan
kepada anak sedini mungkin. Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang cukup susah
dipelajari oleh kebanyakan anak
Indonesia (karena struktur bahasa Inggris dalam banyak hal bertentangan
dengan bahasa Indonesia), karena itu bila anak belajar bahasa Inggris dari
awal, hendaknya mereka belajar dalam situasi yang menyenangkan ditangan
guru-guru yang kompeten, sehingga mennjadi modal mereka untuk belajar bahasa
Inggris ditingkat yang lebih lanjut (SMP, SMA, dan selanjutnya). Kita tidak
ingin terjadi hal yang sebaliknya, justru siswa sudah antisipasi dengan dengan bahasa
Inggris sejak SD, yang disebabkan oleh
pengalaman belajar yang tidak menyenangkan di SD.
Di dalam pembelajaran ini lebih terdapat adanya penekanan bahasa
Inggris pada unsur-unsur bahasa paling dasar dan yang paling diperlukan, yaitu:
kosakata, pengucapan, tata bahasa sederhana, dan percakapan sederhanana. Di
samping unsur-unsur tersebut juga sangat membutuhkan konsekuensi dari pihak
sekolah adalah perlunya penataan pembelajaran bahasa Inggris di SD. Penataan
paling penting adalah kesiapan seorang guru, oleh karena itu diperlukan adanya
kegiatan peningkatan kemampuan guru mengajarkan bahasa Inggris. dengan lebih
mengingat pentingnya belajar bahasa Inggris adalah dengan menciptakan suasana
pembelajaran yang sangat nyaman dan membangkitkan minat dan motivasi belajar Bahasa
Inggris.untuk itu seorang guru lebih mempelajari bagaimana metode pembelajaran Bahasa
Inggris yang baik dan memtivasi belajar siswa.
Adapun yang dimaksud dengan pembelajaran merupakan usaha sadar guru
unuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri
siswa yang belajar, dimana perubahan itu didapatkannya kemampuan baruu yang
berlaku dalam waktu yang relative lama dan karena adanya usaha.mengajar bukan
hanya menyampaikan materi pelajran saja, akan tetapi mengajar merupakan suatu
proses mengubah perilaku siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh sebab
itu, di dalam proses mengajar terdapat kegiatan membimbing siswa agar siswa
berkembang sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya, melatih keterampilan baik
keterampilan intelektual maupun keterampilan motorik sehingga siswa dapat dan
berani hidup di masyarakat yang cepat berubah dan penuh persaingan. Memotivasi
siswa agar mereka dapat memecahkan berbagai persoalan hidup dalam masyarakat
yang penuh dengan tantangan dan rintangan.
Adapun metode yang dibutuhkan oleh seorang guru untuk memenuhi
menjadi guru yang sesuai dengan kriteria guru prefesional dalam mengajar bahasa Inggris
yakni sebagai berikut yang sesuai dengan konsep belajar bahasa dan peningkatan
perkembangan anak-anak SD seperti yang telah diuraikan pada bagian-bagian
diatas:
a.Total Physical Response (TPR)
Metode pembelajaran ini yang sesuai dengan konsep learning by
doing adalah metode Total Physical Response (TPR). TPR merupakan
suatu metode yang diturunkan dari the natural approach yang digagas oleh
Stephen Krashen dan Nancy terrell pada tahun 1977.secara garis besar the
natural approach ini menyatakan bahwa beajar suatu Bahasa asing harus
dilakukan secara alamiah, menyerupai proses belajar bahasa ibu.
Dalam the natural approach, TPR merupakan salah satu Teknik
dalam tahap-tahap awal (preproduction) mengajarkan bahasa Inggris. Dalam TPR, siswa
merespon kalimat-kalimat perintah yang diucapkan oleh guru. Dalam tahap ini
siswa seakli tidak mengeluarkan kata-kata, melainkan hanya memberikan respon
secara fisik. Tahap selanjutnya adalah tahap early production, dimana
siswa mulai memberikan respon verbal yang sangat sederhana, seperti menjawab
pertanyaan, “what color is the sky?” siswa menjawab “green”.
b. The reading method
The reading method menekankan
pada membaca sebagai kegiatan utama belajar bahas inggris. Pada tahap awal-awal
, dilakukan membaca nyaring (Reading aloud) dengan tujuan melatih pengucapan.
Membaca nyaring sangat penting untuk anak-anak sekolah dasar untuk membiasakan
alat-alat ucap mereka membentuk bunyi-bunyi bahasa Inggris.
c. Songs and Games
Permainan dan lagu dapat memiliki dua fungsi penting dalam dalam
pembelajaran bahasa Inggris. Pertama, berbagai macam permainan dan lagu-lagu
dapat digunakan untuk mengajar bahasa Inggris, seperti kosakata, pengucapan,
dan kelancaran (fluency). Kedua, permainan dan lagu dapat memperkenalkan
masyarakat dan budaya pemakai bahasa Inggris sebagai Bahasa pertama. Beberapa
contoh permainan dan lagu diberikan khusus untuk bekal para guru di Bangli
mengajarkan Bahasa Inggris di SD.
d. Field Study
Media terbaik untuk pembelajaran adalah obyek langsung. Guru perlu
membawa siswa belajar di alam nyata, dimana siwa belajar bahasa Inggris dari
benda-benda dan kehidupan disekitarnya. Dilihat dari sudut pandang ini, hal
terbaik yang dapat dilakukan guru untuk mengajak siswa belajar secara otentik
dan bermakna adalah dengan menyediakan language rich environment (lingkungan
yang kaya bahasa).
Kegiatan pengenalan bahasa Inggris dengan metode ini diharapakan
dapat berlangsung secara terus menerus dan bertahap apalagi dengan pembelajaran
dengan cara menarik sehingga anak bisa lebih senang dan ceria akan bisa
memaksimalkan kemampuan belajar bahasa kedua anak sehingga akan muncul
anak-anak Indonesia kedepan yang mampu lebih fasih berbahasa Inggris.
Posting Komentar untuk "METODE JITU PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK TINGKAT DASAR"