Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Evaluasi Hasil dan Prosedur Pengembangannya

Evaluasi Hasil Belajar 

Evaluasi hasil belajar merupakan proses atau tindakan untuk menentukan nilai keberhasilan belajar siswa setelah mengikuti proses belajar selama 1 periode tertentu (Nurkancana dan Sunartana, 1990). Evaluasi hasil belajar adalah suatu prosedur yang digunakan untuk memberi batasan seberapa jauh siswa mencapai hasil belajar yang diinginkan atau yang telah ditetapkan terlebih dahulu (Zainul dan Mulyana, 2005). Evaluasi hasil belajar adalah proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil belajar siswa dengan membandingkan angka hasil belajar siswa tersebut dengan kriteria tertentu. Kriteria yang dapat digunakan dalam kegiatan evaluasi hasil belajar siswa antara lain berupa. 


a. Penilaian Acuan Patokan/Penilaian Acuan Kriteria yaitu kriteria yang berupa batas kriteria minimal yang telah ditetapkan sebelum pengukuran hasil belajar siswa dan bersifat mutlak. 


b. Penilaian Acuan Norma/Penilain Acuan Relatif yaitu kriteria yang ditentukan setelah kegiatan pengukuran hasil belajar siswa dilakukan dan kriteria ini didasarkan pada keadaan kelompok serta bersifat relatif (Poerwanti, dkk, 2008). 


Evaluasi hasil belajar siswa dapat dibedakan dalam dua macam yaitu.


1) Evaluasi Formatif


Evaluasi formatif yaitu evaluasi hasil belajar siswa yang fokusnya pada pelaksanaan pengajaran materi tertentu dan hasil belajar yang dicapai selama pengajaran tersebut melalui tes dapat digunakan sebagai perbaikan/peningkatan pengajaran materi selanjutnya (Kemp, et al. 1994). Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir pembahasan suatu pokok bahasan dengan maksud untuk mengetahui sejauhmana siswa menguasai materi yang telah dilaksanakan (Ulfiarahmi, 2009, http://ulfiarahmi.wordpress.com). 


2) Evaluasi Sumatif 


Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang digunakan untuk menilai sejauhmana tujuan instruksional telah dicapai di akhir program pembelajaran (Kemp, et al. 1994). Evaluasi sumatif diarahkan terhadap evaluasi secara lebih umum dari cakupan yang lebih luas dengan hasil belajar yang telah dicapai pada seluruh unit pelajaran atau sebagian besar dari unit pelajaran dalam 1 semester (Bloom, et al. 1981). 


Fungsi Evaluasi Hasil Belajar 


Fungsi evaluasi hasil belajar dapat dijelaskan sebagai berikut.


1) Untuk mengetahui seberapa jauh hasil yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. 


2) Untuk mengetahui apakah suatu materi yang diajarkan harus kita lanjutkan pada materi selanjutnya ataukah harus diulang kembali.


3) Untuk menentukan apakah siswa dapat dinaikan pada kelas yang lebih tinggi atau harus mengulang di kelas tersebut.


4) Untuk membuat perbandinngan apakah hasil belajar yang dicapai oleh siswa sudah sesuai dengan kapasitasnya atau belum.


5) Untuk menetapkan apakah seorang anak telah cukup matang untuk melanjutkan ke lembaga pendidikan yang lebih tinggi. 


6) Untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar (Nurkancana dan Sunartana, 1990). 


Prosedur Pengembangan Evaluasi Hasil Belajar 


Prosedur dalam mengembangkan evaluasi hasil belajar harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 


1) perencanaan evaluasi hasil belajar,


2) pemilihan metode evaluasi hasil belajar, 


3) pemilihan atau penyusunan tes hasil belajar, 


4) pengumpulan data hasil belajar,


5) verifikasi data hasil belajar,


6) analisis hasil tes hasil belajar, 


7) interpretasi dan penggunaan hasil tes (Nurkancana dan Sunartana, 1990). 



DAFTAR RUJUKAN


Bloom, B. S, Madaus, G. F & Hastings, J. T. 1981. Evaluation to Improve Learning. United States of America: McGraw-Hill, Inc.

Kemp, J. E, Morrison, G. R & Ross, S. M. 1994. Designing Effective Instruction. New York: Macmillan College Publishing Company.

Nurkancana, W dan Sunartana, P. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Poerwanti, E, Widodo, E, Masduki, Pantiwati, Y, Rofieq, A dan Utomo, D.P. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. 

Ulfiarahmi. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. (Online), (http://ulfiarahmi.wordpress.com), diakses 8 Februari 2014. 

Zainul, A dan Mulyana, A. 2005. Tes dan Asesmen di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Posting Komentar untuk "Evaluasi Hasil dan Prosedur Pengembangannya "