METODE PENELITIAN KUALITATIF DI PENDIDIKAN DASAR
METODE PENELITIAN KUALITATIF DI PENDIDIKAN DASAR
1. Pengertian
metode penelitian kualitatif
Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian
yang didasarkan pada filsafat postpositivisme. Dalam melaksanakan penelitian
ini peneliti berlaku sebagai instrumen kunci dan penelitian ini dilakukan dalam
situasi yang alamiah sehingga perlu memberi makna yang mendalam terhadap subjek
yang akan diteliti. Hasil penelitian kualitatif ini menekankan pada makna bukan
pada generalisasi (Sugiyono, 2010).
Metode penelitian kualitatif ini memiliki
tujuan untuk menggali makna subjektif yang ada dalam diri subjek yang akan
diteliti untuk kemudian hasilnya akan dijabarkan dalam bentuk naratif atau non
numerik. (Hanurawan, 2011). Penelitian kualitatif ini sangat cocok digunakan
untuk mengatasi masalah penelitian di mana peneliti tidak tahu variabel dan
literatur hanya memberi sedikit informasi sehingga peneliti perlu banyak
melakukan eksplorasi untuk menggali informasi dari subjek yang diteliti
(Creswell, 2012). Jadi, metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian
yang bersifat holistik, subyektif, terbuka, kontekstual, rasional dan
menggunakan peneliti sebagai instrumen guna menghasilkan deskripsi utuh tentang
subyek yang diteliti.
2. Ilmu
pendidikan dasar
Ilmu pendidikan dasar adalah ilmu yang membicarakan
masalah-masalah umum yang terjadi di pendidikan dasar secara menyeluruh dan
abstrak (Dardiri, 2005). Ilmu pendidikan dasar merupakan ilmu yang memiliki
tujuan untuk mengembangkan sikap, kemampuan serta memberikan pengetahuan dan
keterampilan dasar kepada diri peserta didik guna mempersiapkan hidup di dalam
masyarakat dan menuju ke jenjang pendidikan menengah (http://file.upi.edu).
Jadi, ilmu pendidikan dasar adalah ilmu yang mengungkapkan segala sesuatu yang
berkaitan dengan masalah-masalah pada satuan pendidikan dasar guna
mengembangkan dan mempersiapkan diri peserta didik dalam menghadapi tantangan
kehidupan.
3. Metode
penelitian kualitatif pendidikan dasar (pengertian dan ruang lingkup)
Metode penelitian kualitatif pendidikan dasar adalah
metode penelitian yang dilakukan pada ruang lingkup satuan pendidikan dasar di
mana peneliti memakai teknik-teknik seperti observasi, wawancara, serta
analisis isi untuk menggali respon-respon dan perilaku dari subyek yang
diteliti (Setyosari dan Widijoto, 2007). Ruang lingkup penelitian
kualitatif yang dilaksanakan di pendidikan dasar antara lain yaitu.
1) Penelitian tindakan kelas
(PTK)
Penelitian tindakan
kelas adalah proses investigasi terkendali untuk menemukan dan memecahkan
masalah pembelajaran di kelas, proses pemecahan masalah tersebut dilakukan
dengan secara bersiklus, dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas
tertentu (Akbar, 2009). Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang
bersifat reflektif, praktis, kontekstual dan situasional untuk memperbaiki
kondisi siswa maupun situasi belajar mengajar di kelas (Masyhud,
2010).
2) Penelitian deskriptif
Penelitian deskriptif
adalah penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau suatu
kondisi secara alamiah (Masyhud, 2010). Penelitian deskripstif dalam bidang
pendidikan lebih mendeskripsikan tentang fenomena yang terjadi dalam kegiatan
pendidikan baik yang bersifat alamiah maupun bentuk fenomena yang merupakan
hasil rekayasa atau tindakan manusia (Sukmadinata, 2013).
3) Etnografi ruang kelas
Etnografi adalah model
penelitian kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan karakteristik kultural
individu atau sekelompok orang yang merupakan anggota masyarakat tertentu.
Pengertian tersebut dapat menjadi rujukan bahwa etnografi ruang kelas adalah
suatu model penelitian yang bertujuan menemukan dan mendeskripsikan secara
komprehensif makna fenomena perilaku siswa atau kelompok siswa yang terjadi di
dalam ruang kelas (Hanurawan, 2012).
4) Studi kasus
Studi kasus
adalah penelitian terhadap satu unit analisis yang dilakukan secara
mendalam melalui berbagai alat pengumpulan data demi mendapatkan deskripsi
tentang konteks dan terjadinya suatu kasus/masalah (Hanurawan, 2012).
Penelitian studi kasus difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan
ingin dipahami secara mendalam dengan mengabaikan fenomena yang lain. Dalam
pendidikan, fenomena tersebut dapat berhubungan dengan siswa, guru, pimpinan
sekolah, suatu program, suatu konsep, maupun kebijakan (Sukmadinata, 2013).
4. Tiga
judul penelitian kualitatif di pendidikan dasar
1) Analisis Miskonsepsi Siswa
terhadap Konsep Rotasi dan Revolusi pada Mata Pelajaran IPA (Studi Kasus pada
Siswa Kelas IV SDN Jember Lor 2). (Jenis Penelitian: Studi Kasus)
2) Penerapan Model
Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA (Pokok
Bahasan Sifat dan Perubahan Wujud Benda) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Siswa Kelas IV di SDN IV Dasri. (Jenis Penelitian: PTK)
3) Pola Belajar Anak-Anak
Sekolah Dasar yang Berasal dari Keluarga dengan Kemampuan
Ekonomi Rendah di Kecamatan Genteng-Banyuwangi. (Jenis Penelitian:
Deskriptif)
Daftar Rujukan
Akbar, S. 2009. Penelitian Tindakan
Kelas (Filosofi, Metodologi, dan Implementasi). Yogyakarta: Cipta
Media Aksara.
Creswell, J.W.
2012. Educational Research: Planning, Conducting, and
Evaluating Quantitative and Qualitative Research. United States of America:
Pearson Education, Inc
Dardiri, A. 2005. Ilmu
Pendidikan. (Online), (http:staff.uny.ac.id), diakses 24 Januari 2014
Hanurawan, F.
2011. Psikologi Sosial Terapan dan Masalah-Masalah Perilaku Sosial.
Malang: Universitas Negeri Malang
Hanurawan, F. 2012. Metode Penelitian
Kualitatif dalam Ilmu Psikologi. Surabaya: Universitas Airlangga.
Masyhud, M. S.
2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan
Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK)
Setyosari, P. dan
Widijoto, H. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Sugiyono. 2010. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sukmadinata, N. S.
2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda
Karya
Tim
penyusun. 2012. Pendidikan Dasar. (Online), (http:file.upi.edu),
diakses 24 Januari 2014
Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
BalasHapusMy blog
My Campus