Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

METODE PENELITIAN KUALITATIF DI PENDIDIKAN DASAR

METODE PENELITIAN KUALITATIF DI PENDIDIKAN DASAR
 

1.      Pengertian metode penelitian kualitatif
Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang didasarkan pada filsafat postpositivisme. Dalam melaksanakan penelitian ini peneliti berlaku sebagai instrumen kunci dan penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alamiah sehingga perlu memberi makna yang mendalam terhadap subjek yang akan diteliti. Hasil penelitian kualitatif ini menekankan pada makna bukan pada generalisasi (Sugiyono, 2010). 

Metode penelitian kualitatif ini memiliki tujuan untuk menggali makna subjektif yang ada dalam diri subjek yang akan diteliti untuk kemudian hasilnya akan dijabarkan dalam bentuk naratif atau non numerik. (Hanurawan, 2011). Penelitian kualitatif ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi masalah penelitian di mana peneliti tidak tahu variabel dan literatur hanya memberi sedikit informasi sehingga peneliti perlu banyak melakukan eksplorasi untuk menggali informasi dari subjek yang diteliti (Creswell, 2012). Jadi, metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang bersifat holistik, subyektif, terbuka, kontekstual, rasional dan menggunakan peneliti sebagai instrumen guna menghasilkan deskripsi utuh tentang subyek yang diteliti.

2.      Ilmu pendidikan dasar
Ilmu pendidikan dasar adalah ilmu yang membicarakan masalah-masalah umum yang terjadi di pendidikan dasar secara menyeluruh dan abstrak (Dardiri, 2005). Ilmu pendidikan dasar merupakan ilmu yang memiliki tujuan untuk mengembangkan sikap, kemampuan serta memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepada diri peserta didik guna mempersiapkan hidup di dalam masyarakat dan menuju ke jenjang pendidikan menengah (http://file.upi.edu). Jadi, ilmu pendidikan dasar adalah ilmu yang mengungkapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah-masalah pada satuan pendidikan dasar guna mengembangkan dan mempersiapkan diri peserta didik dalam menghadapi tantangan kehidupan.

3.      Metode penelitian kualitatif pendidikan dasar (pengertian dan ruang lingkup)
Metode penelitian kualitatif pendidikan dasar adalah metode penelitian yang dilakukan pada ruang lingkup satuan pendidikan dasar di mana peneliti memakai teknik-teknik seperti observasi, wawancara, serta analisis isi untuk menggali respon-respon dan perilaku dari subyek yang diteliti (Setyosari dan Widijoto, 2007).  Ruang lingkup penelitian kualitatif yang dilaksanakan di pendidikan dasar antara lain yaitu.

1)      Penelitian tindakan kelas (PTK)
Penelitian tindakan kelas adalah proses investigasi terkendali untuk menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas, proses pemecahan masalah tersebut dilakukan dengan secara bersiklus, dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas tertentu (Akbar, 2009). Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang bersifat reflektif, praktis, kontekstual dan situasional untuk memperbaiki kondisi siswa maupun situasi belajar mengajar di kelas (Masyhud, 2010). 

2)      Penelitian deskriptif
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau suatu kondisi secara alamiah (Masyhud, 2010). Penelitian deskripstif dalam bidang pendidikan lebih mendeskripsikan tentang fenomena yang terjadi dalam kegiatan pendidikan baik yang bersifat alamiah maupun bentuk fenomena yang merupakan hasil rekayasa atau tindakan manusia (Sukmadinata, 2013).

3)      Etnografi ruang kelas
Etnografi adalah model penelitian kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan karakteristik kultural individu atau sekelompok orang yang merupakan anggota masyarakat tertentu. Pengertian tersebut dapat menjadi rujukan bahwa etnografi ruang kelas adalah suatu model penelitian yang bertujuan menemukan dan mendeskripsikan secara komprehensif makna fenomena perilaku siswa atau kelompok siswa yang terjadi di dalam ruang kelas (Hanurawan, 2012).

4)      Studi kasus
Studi kasus adalah  penelitian terhadap satu unit analisis yang dilakukan secara mendalam melalui berbagai alat pengumpulan data demi mendapatkan deskripsi tentang konteks dan terjadinya suatu kasus/masalah (Hanurawan, 2012). Penelitian studi kasus difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam dengan mengabaikan fenomena yang lain. Dalam pendidikan, fenomena tersebut dapat berhubungan dengan siswa, guru, pimpinan sekolah, suatu program, suatu konsep, maupun kebijakan (Sukmadinata, 2013).

4.      Tiga judul penelitian kualitatif di pendidikan dasar
1)      Analisis Miskonsepsi Siswa terhadap Konsep Rotasi dan Revolusi pada Mata Pelajaran IPA (Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SDN Jember Lor 2).  (Jenis Penelitian: Studi Kasus)
2)      Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA (Pokok Bahasan Sifat dan Perubahan Wujud Benda) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN IV Dasri. (Jenis Penelitian: PTK)
3)      Pola Belajar Anak-Anak Sekolah Dasar yang Berasal dari Keluarga dengan Kemampuan Ekonomi  Rendah di Kecamatan Genteng-Banyuwangi. (Jenis Penelitian: Deskriptif)

Daftar Rujukan
Akbar, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Filosofi, Metodologi, dan Implementasi). Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Creswell, J.W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. United States of America: Pearson Education, Inc

Dardiri, A. 2005. Ilmu Pendidikan. (Online), (http:staff.uny.ac.id), diakses 24 Januari 2014

Hanurawan, F. 2011. Psikologi Sosial Terapan dan Masalah-Masalah Perilaku Sosial. Malang: Universitas Negeri Malang

Hanurawan, F. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Psikologi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Masyhud, M. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK)

Setyosari, P. dan Widijoto, H. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya 

Tim penyusun. 2012. Pendidikan Dasar. (Online), (http:file.upi.edu), diakses 24 Januari 2014

1 komentar untuk "METODE PENELITIAN KUALITATIF DI PENDIDIKAN DASAR "