Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ARITMETIKA DI SD/MI

    ARITMETIKA DI SD/MI 


    Aritmetika adalah ilmu hitung dasar yang merupakan bagian dari matematika. Operasi dasar aritmetika adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, walaupun operasi-operasi lain yang lebih canggih (seperti persentase, akar kuadrat, pemangkatan, dan logaritma) kadang juga dimasukkan ke dalam kategori ini. Perhitungan dalam aritmetika dilakukan menurut suatu urutan operasi yang menentukan operasi aritmetika yang mana lebih dulu dilakukan.


Operasi aritmetika antara lain yaitu:

1. Penjumlahan (+) adalah penambahan dua bilangan atau lebih sehingga dihasilkan satu bilangan yang merupakan jumlah.

2. Pengurangan (-) adalah lawan dari operasi penjumlahan. Pengurangan mencari ‘perbedaan’ antara dua bilangan A dan B >> (A-B), hasilnya adalah selisih dari dua bilangan A dan B tersebut.

3. Perkalian (x) adalah penjumlahan yang berulang. Perkalian dua bilangan menghasilkan hasil kali, sebagai contoh 4x3 =  3+3+3+3 = 12.

4. Pembagian (/) adalah pengurangan yang berulang. Pembagian dua bilangan menghasilkan hasil bagi. Catatan: sembarang pembagian dengan bilangan nol (0) tidak didefinisikan.


Aritmetika yang dipelajari di SD/MI berupa bilangan yang berkisar antara bilangan puluhan (kls 1), ratusan (kls 2), dan ribuan (kls 3-6). Pokok bahasan aritmetika SD/MI di antaranya yaitu: penjumlahan dan pengurangan; perkalian dan pembagian; akar dan pangkat; serta aritmetika sosial. 
 Contoh Soal kedua. 
 



Perkalian adalah penjumlahan yang berulang 








Posting Komentar untuk "ARITMETIKA DI SD/MI "