Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIDAK HANYA MATEMATIKA SAJA YANG PUNYA RUMUS


TIDAK HANYA MATEMATIKA SAJA YANG PUNYA RUMUS 


Buku “RUMUS FIQH, USHUL FIQH DAN HADIST” ini merupakan sebuah karya yang mencoba menyimak dan mengulas tentang rumus dan istilah yang dipakai oleh para ulama, baik ulama fiqh, ushul fiqh, ataupun hadist. Di dalam buku ini, penulis tidak hanya menyampaikan rumus dan istilah satu madzab saja, namun menampilkan pendapat sendiri – sendiri dari lima madzab; Syafi`iyyah, Malikiyyah, Hanafiyyah, Hanabilah, dan Zaidiyyah.
            Buku ini tidak hanya meyntebutkan rumus – rumus dan istilah saja tetapi juga menyebutkan tentang penjelasan kata- kata yang banyak atau sering di sebutkan (digunakan) didalam kitab-kitab dan hadis, yang mungkin kata-kata tersebut di anggap sulit dan butuh penjelasan bagi para pembaca untuk memahami kata tersebut secara panjang lebar dan gamblang.
           Di dalam buku ini juga menyebutkan mengenai pendapat masing-masing dari madzab lima tersebut, yang jelas dari masing-masing pendapat tersebut ada perbedaan yang membuat para pembaca lebih banyak mengetahui tidak hanya satu istilah saja melainkan sekaligus kelima-limanya, tetapi juga tidak jarang mereka sedikit merasa kesulitan dalam memahami dan membedakan masing-masing istilah yang sudah di uraikan.
www.riviewbuku.com
             Mungkin maksud dari pengarang buku ini untuk para pembaca, supaya pembaca tidak hanya mengetahui istilah yang ada dilalam madzhabnya saja (satu Madzhab), tetapi juga tidak ada salahnya mengetahui istilah-istilah yang ada didalam madzhab lain, supaya tidak se-enaknya sendiri dalam menyalahkan orang lain hanya sekedar perbedaan kepahaman saja, mungkin di luar sana banyak yang menganggap orang-orang keliru dalam menyikapi suatu permasalan padahal mereka belum mengetahui perbedaan madzhab itu ada, maka dari itu kita harus bijak untuk bisa menentukan mana yang benar dan mana yang salah meskipunitu menurut kebanyakan orang benar.
            Di dalam buku ini juga terdapat masing-masing biografi dan perjalanan beliau dalam menuntut ilmu dari kelima madzhab tersebut, yang mungkin dapat bisa menjadi motivasi dan suri tauladan bagi kita-kita yang sedang proses menuntut ilmu untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan rahmatal lil`alamin.
            Tetapi menurut saya kekurangan yang terdapat di buku ini adalah kurangnya referensi yang banyak sehingga tingkat pemahaman ataupun ilmu yang di dapat oleh seorang pembaca itu terbatas, mungkin masukan saya setelah saya selesai membaca buku ini adalah di tambah lagi kata-kata ataupun rumusan-rumusannya, supaya para pembaca lebih mudah untuk memahaminya secara mudah dan tidak perlu lagi mencari referensi-referensi buku lain.
            Untuk bisa agar kita dapat memahami buki ini kita perlu membacanya sampai selesai (khatam). Supaya kita bisa memahaminya sampai mendalam dan bisa menggambarkan akan permasalahan yang terjadi di sekitar kita itu pun kalau disekitar kita terdapat atau terjadi masalah yang mengkin kita belum paham. Di lain sisi kita paham kita juga mengetahui akan sejarah atau riwayat hidup para kelima madzhab tersebut serta perjalanan mereka dalam mencari ilmu pengetahuan yang mungkin bisa kita tiru kegigihan dan kesemangatannya.
            Supaya agar bisa paham secara mendalam kita perlu mengulangi kata-katanya tidak hanya satu kali baca namun bisa sampai lima dan tujuh kali baca supaya di dapat pemahaman yang mendalam supaya kita tidak se-enaknya dalam mengambil keputusan yang malah akan memperkeruh suatu keadaan yang terjadi.
            Buku ini juga memuat qoul-qoul (kata-kata / pendapat sendiri) dalam menanggapi permasalahan yang terdapat di kitab-kitab kuning ataupun kitab-kitab yang lain, yang mana qoul tersebut yang jelas menambah kekuatan pendapat masing-masingdapat / atau bisa di pertanggungjawabkan sesuai dengan referensi-referensi yang valid.
            Untuk itu saya mohon perlu adanya kesadaran pembaca untuk paham dan bisa menggambarkan permasalahan yang ada supaya kita tidak keliru, karena ini sifatnya penting dan ada kaitannya dengan urusan orang banyak dan tidak bisa di tolerin lagi.
            Akhir kata sekedar pesan kepada siapa saja para pembaca untuk teliti dalam belajar karena, belajar tidak hanya belajar supaya kita tidak salah paham dalam prakteknya dan bisa menjadi tiruan atau panutan orang banyak, dan bisa mennjadi rujukan orang-orang yang kesulitan dalam berpaham, saya rasa buku ini masih relevan untuk di pelajari demi memperdalam ilmu pengetahuan.



Posting Komentar untuk "TIDAK HANYA MATEMATIKA SAJA YANG PUNYA RUMUS "