PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ANGKET TERBUKA DAN ANGKET TERTUTUP SERTA CONTOHNYA DALAM PENILAIAN (ASSESSMENT)
PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ANGKET TERBUKA DAN ANGKET TERTUTUP SERTA CONTOHNYA DALAM PENILAIAN (ASSESSMENT)
Dalam
konteks pembelajaran, guru atau dosen wajib menggunakan berbagai ragam
instrumen penilaian (assessment) untuk mendapatkan hasil penilaian yang valid.
Berbagai kasus pembelajaran harus ditelaah dan dinilai dengan instrumen yang
tepat sasaran, bahkan jika perlu didapatkan data primer dan data sekunder.
Salah instrumen yang sering digunakan untuk mendapatkan data sekunder/pelengkap
adalah berupa angket. Angket adalah instrumen yang berupa pertanyaan atau
pernyataan yang digunakan untuk menggali informasi dari responden. Angket
sendiri dapat dibedakan menjadi 2 yaitu angket terbuka dan angket tertutup.
PENGERTIAN ANGKET
TERBUKA
Angket
terbuka adalah angket yang di dalamnya mengandung pertanyaan atau pernyataan
yang mengharuskan responden untuk menjawab/mengisinya dengan jawaban berupa
essay. Disini responden akan menjabarkan pendapatnya sesuai dengan konteks
pertanyaan atau pernyataan yang diberikan. Dengan menggunakan angket terbuka
ini, memungkinkan seorang pendidik atau peneliti untuk mendapatkan informasi
secara mendalam tentang gambaran terdalam diri responden. Namun, angket pun
memiliki kelemahan jika responden tidak berpendapat secara jujur. Sehingga
penting bagi seorang pendidik atau peneliti menginformasikan prosedur pengisian
angket dengan benar. Sekaligus memberi sugesti kepada responden untuk menjawab
secara jujur dengan berbagai alasan yang bisa menguatkan.
Berikut
ini contoh angket terbuka yang digunakan di dalam suatu penilaian tentang keteladanan
dosen bagi mahasiswa.
CONTOH LEMBAR ANGKET TERBUKA
PENGANTAR
Mahasiswa merasa senang diajar oleh
dosen yang diidolakan atau dianggap teladan yang baik ketika perkuliahan.
Terkadang mereka meniru sikap dan perilaku dosen tersebut. Mahasiswa juga
terinspirasi untuk mengembangkan diri karena motivasi yang diberikan oleh dosen
tersebut. Untuk menggali lebih dalam mengenai hal tersebut maka kami mengadakan
penelitian dengan instrumen angket ini.
PETUNJUK
PENGISIAN
1. Isilah dengan jujur
pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini.
2. Untuk soal nomor 1, isilah dengan 1
(satu) jawaban saja (satu nama dosen saja).
3. Isilah pertanyaan-pertanyaan dalam
angket ini dengan baik dan jelas.
Nama :
Usia :
Kelas :
DAFTAR PERTANYAAN
1. Jika kamu diberi kesempatan menjadi
dosen, kamu ingin menjadi siapa?
………………………………………………………………………………...........
2. Mengapa kamu ingin menjadi seperti
dosen tersebut?
………………………………………………………………………………………
3. Apa kelebihan dosen tersebut?
………………………………………………………………………………………
4. Biasanya sikap dan perilaku apa yang
kamu tiru dari dosen tersebut?
……………………………………………………………………………………...
5. Apakah kamu terinspirasi ingin menjadi
seperti dosen tersebut?
Jika ya, mengapa?
………………………………………………………………………………………
Jika tidak, kamu ingin seperti apa?
Kemukakan alasanmu!
………………………………………………………………………………………
PENGERTIAN ANGKET
TERTUTUP
Angket
tertutup adalah angket yang di dalamnya mengandung pertanyaan atau pernyataan
yang biasanya mengharuskan responden untuk menjawab dengan pilihan jawaban YA /TIDAK
dan SETUJU/TIDAK SETUJU. Angket tertutup ini lebih bersifat kaku, sehingga
tidak memberikan alternatif lain terhadap kemungkinan jawaban responden. Oleh
sebab itu, di dalam proses penggalian data kualitatif maka angket tertutup
tidak akan bisa mendapatkan informasi sampai titik jenuh. Angket jenis ini
lebih cocok digunakan untuk mendapatkan data kuantitatif atau digunakan dalam
proses kuantifikasi data kualitatif.
Berikut
ini contoh angket tertutup yang digunakan di dalam penilaian yang sama yaitu tentang
keteladanan dosen bagi mahasiswa.
CONTOH LEMBAR ANGKET TERTUTUP
PENGANTAR
Mahasiswa merasa senang diajar oleh
dosen yang diidolakan atau dianggap teladan yang baik ketika perkuliahan.
Terkadang mereka meniru sikap dan perilaku dosen tersebut. Mahasiswa juga
terinspirasi untuk mengembangkan diri karena motivasi yang diberikan oleh dosen
tersebut. Untuk menggali lebih dalam mengenai hal tersebut maka kami mengadakan
penelitian dengan instrumen angket ini.
PETUNJUK
PENGISIAN
1. Pilihlah dengan jujur jawaban
dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
2. Untuk
soal nomor 1, pilihlah
dengan 1 (satu) jawaban saja (satu nama dosen saja).
3. Pilihlah
pilihan jawaban di
dalam angket
ini yang sesuai dengan hati nuranimu.
Nama :
Usia :
Kelas :
DAFTAR PERTANYAAN
1. Jika kamu diberi kesempatan menjadi
dosen, kamu ingin menjadi siapa?
A. Prof. Lee Min Hoo
B. Prof. Karima
C. Prof. Song Jong Ki
D. Prof. Rima Ng
E. Prof. Muhlis
2. Mengapa kamu ingin menjadi seperti
dosen tersebut?
A. Karena beliau patut menjadi teladan dalam hidup
B. Karena beliau cerdas dan profesional
3. Apa kelebihan dosen tersebut?
A. Mampu menginspirasi mahasiswa menjadi lebih baik di
dalam hidupnya
B. Mampu mendorong mahasiswa aktif kuliah, mengerjakan
tugas dan
mendapatkan IPK yang baik
4. Biasanya sikap dan perilaku apa yang
kamu tiru dari dosen tersebut?
A. Cara beliau menyikapi hidup dan kehidupan, termasuk di
dalam menuntut ilmu
B. Cara beliau berpendapat tentang suatu ilmu pengetahuan
5. Apakah kamu terinspirasi ingin menjadi
seperti dosen tersebut?
A. Ya
B. Tidak
Posting Komentar untuk "PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ANGKET TERBUKA DAN ANGKET TERTUTUP SERTA CONTOHNYA DALAM PENILAIAN (ASSESSMENT)"