Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ANGKET TERBUKA DAN ANGKET TERTUTUP SERTA CONTOHNYA DALAM PENILAIAN (ASSESSMENT)


PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ANGKET TERBUKA DAN ANGKET TERTUTUP SERTA CONTOHNYA DALAM PENILAIAN (ASSESSMENT)


Dalam konteks pembelajaran, guru atau dosen wajib menggunakan berbagai ragam instrumen penilaian (assessment) untuk mendapatkan hasil penilaian yang valid. Berbagai kasus pembelajaran harus ditelaah dan dinilai dengan instrumen yang tepat sasaran, bahkan jika perlu didapatkan data primer dan data sekunder. Salah instrumen yang sering digunakan untuk mendapatkan data sekunder/pelengkap adalah berupa angket. Angket adalah instrumen yang berupa pertanyaan atau pernyataan yang digunakan untuk menggali informasi dari responden. Angket sendiri dapat dibedakan menjadi 2 yaitu angket terbuka dan angket tertutup.

PENGERTIAN ANGKET TERBUKA
Angket terbuka adalah angket yang di dalamnya mengandung pertanyaan atau pernyataan yang mengharuskan responden untuk menjawab/mengisinya dengan jawaban berupa essay. Disini responden akan menjabarkan pendapatnya sesuai dengan konteks pertanyaan atau pernyataan yang diberikan. Dengan menggunakan angket terbuka ini, memungkinkan seorang pendidik atau peneliti untuk mendapatkan informasi secara mendalam tentang gambaran terdalam diri responden. Namun, angket pun memiliki kelemahan jika responden tidak berpendapat secara jujur. Sehingga penting bagi seorang pendidik atau peneliti menginformasikan prosedur pengisian angket dengan benar. Sekaligus memberi sugesti kepada responden untuk menjawab secara jujur dengan berbagai alasan yang bisa menguatkan.
Berikut ini contoh angket terbuka yang digunakan di dalam suatu penilaian tentang keteladanan dosen bagi mahasiswa.

CONTOH LEMBAR ANGKET TERBUKA

PENGANTAR
Mahasiswa merasa senang diajar oleh dosen yang diidolakan atau dianggap teladan yang baik ketika perkuliahan. Terkadang mereka meniru sikap dan perilaku dosen tersebut. Mahasiswa juga terinspirasi untuk mengembangkan diri karena motivasi yang diberikan oleh dosen tersebut. Untuk menggali lebih dalam mengenai hal tersebut maka kami mengadakan penelitian dengan instrumen angket ini.

PETUNJUK PENGISIAN
1.    Isilah dengan jujur pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
2.    Untuk soal nomor 1, isilah dengan 1 (satu) jawaban saja (satu nama dosen saja).
3.    Isilah pertanyaan-pertanyaan dalam angket ini dengan baik dan jelas.

Nama :                                              
Usia    :
Kelas :

DAFTAR PERTANYAAN
1.    Jika kamu diberi kesempatan menjadi dosen, kamu ingin menjadi siapa?
………………………………………………………………………………...........
2.    Mengapa kamu ingin menjadi seperti dosen tersebut?
………………………………………………………………………………………
3.    Apa kelebihan dosen tersebut?
………………………………………………………………………………………
4.    Biasanya sikap dan perilaku apa yang kamu tiru dari dosen tersebut?
……………………………………………………………………………………...
5.    Apakah kamu terinspirasi ingin menjadi seperti dosen tersebut?
Jika ya, mengapa?
………………………………………………………………………………………
Jika tidak, kamu ingin seperti apa? Kemukakan alasanmu!
………………………………………………………………………………………

PENGERTIAN ANGKET TERTUTUP
Angket tertutup adalah angket yang di dalamnya mengandung pertanyaan atau pernyataan yang biasanya mengharuskan responden untuk menjawab dengan pilihan jawaban YA /TIDAK dan SETUJU/TIDAK SETUJU. Angket tertutup ini lebih bersifat kaku, sehingga tidak memberikan alternatif lain terhadap kemungkinan jawaban responden. Oleh sebab itu, di dalam proses penggalian data kualitatif maka angket tertutup tidak akan bisa mendapatkan informasi sampai titik jenuh. Angket jenis ini lebih cocok digunakan untuk mendapatkan data kuantitatif atau digunakan dalam proses kuantifikasi data kualitatif.
Berikut ini contoh angket tertutup yang digunakan di dalam penilaian yang sama yaitu tentang keteladanan dosen bagi mahasiswa.

CONTOH LEMBAR ANGKET TERTUTUP

PENGANTAR
Mahasiswa merasa senang diajar oleh dosen yang diidolakan atau dianggap teladan yang baik ketika perkuliahan. Terkadang mereka meniru sikap dan perilaku dosen tersebut. Mahasiswa juga terinspirasi untuk mengembangkan diri karena motivasi yang diberikan oleh dosen tersebut. Untuk menggali lebih dalam mengenai hal tersebut maka kami mengadakan penelitian dengan instrumen angket ini.

PETUNJUK PENGISIAN
1.    Pilihlah dengan jujur jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
2.    Untuk soal nomor 1, pilihlah dengan 1 (satu) jawaban saja (satu nama dosen saja).
3.    Pilihlah pilihan jawaban di dalam angket ini yang sesuai dengan hati nuranimu.

Nama :                                              
Usia    :
Kelas :

DAFTAR PERTANYAAN
1.    Jika kamu diberi kesempatan menjadi dosen, kamu ingin menjadi siapa?
A. Prof. Lee Min Hoo
B. Prof. Karima
C. Prof. Song Jong Ki
D. Prof. Rima Ng
E. Prof. Muhlis
2.    Mengapa kamu ingin menjadi seperti dosen tersebut?
A. Karena beliau patut menjadi teladan dalam hidup
B. Karena beliau cerdas dan profesional
3.    Apa kelebihan dosen tersebut?
A. Mampu menginspirasi mahasiswa menjadi lebih baik di dalam hidupnya
B. Mampu mendorong mahasiswa aktif kuliah, mengerjakan tugas dan
mendapatkan IPK yang baik
4.    Biasanya sikap dan perilaku apa yang kamu tiru dari dosen tersebut?
A. Cara beliau menyikapi hidup dan kehidupan, termasuk di dalam menuntut ilmu
B. Cara beliau berpendapat tentang suatu ilmu pengetahuan
5.    Apakah kamu terinspirasi ingin menjadi seperti dosen tersebut?
A. Ya
B. Tidak

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ANGKET TERBUKA DAN ANGKET TERTUTUP SERTA CONTOHNYA DALAM PENILAIAN (ASSESSMENT)"