Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KOPI KREATIF JURUS AMPUH TINGKATKAN KREATIVITAS


Kopi adalah salah satu tanaman ajaib yang tersebar di seluruh belahan dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Kopi bagaikan candu bagi para penikmatnya. Tak khayal beberapa orang sering berburu ke-khas-an kopi dari beberapa daerah. Sebut saja kopi Toraja, kopi Bajawa, kopi Gayo, dan sebagainya. Tak terkecuali bagi seorang penulis. Kopi adalah senjata ampuh untuk meningkatkan kreativitas. Bolehlah kita sebut kopi kreatif. Tanpa kopi rasanya hidup kurang greget. Ide-ide bagaikan redup. Wangi kopi itu bagaikan pendongkrak semangat dan kreativitas bagi seorang penulis.
Bagian mana dari kopi yang bikin kreatif? Pertanyaan yang sama dalam benak setiap pecintanya. Bagaimana kita akan tau. Kopi pun tak dapat diwawancara mendalam. Oke lha, pertanyaan itu tetap harus terjawab supaya kita tau. Begini kalau menurut saya, saat minum kopi, cium dulu baunya yang wangi. Rasanya syaraf otak seperti mendapat transferan energi positif sehingga sel-sel kreativitas bangkit dari tidurnya. Oke lanjutkan dengan menyeruput rasanya yang pahit. Iya pahit. Kurangi gula untuk jaga kesehatan itu penting! Tapi bagi pecinta kopi, minum kopi ya harus pahit. Kalau manis mah apa atuh, itu tandanya kamu bukan pecinta kopi sejati. Gak greget.
Rasa pahit kopi seakan menyadarkan diri kita bahwa tidak semua dalam hidup ini manis dan dapat berjalan sesuai dengan harapanmu. Realitas berpikir manusia harus mengarah pada kesadaran bahwa manusia sejatinya haruslah berusaha yang terbaik dalam hidupnya. Termasuk di dalam menekuni dunia kreativitas. Kalau mau buat kreativitas ya buat sajalah. Tak usah ragu atau bimbang. Semua akan mengalir saja sampai kau temukan jati dirimu sendiri. Tak usah kau bandingkan dengan yang lain, karena sejatinya manusia diciptakan Tuhan dengan nada dan warna yang berbeda-beda. Bagaimana dunia ini dapat berwarna kalau kita menciptakan karya yang senada. 
Kopi hitam tak sama rasa. Kreativitas manusia bolehlah sama rupa tapi ruh dalam suatu karya pastilah beda. Oleh sebab itu, manusia dalam berkreativitas harus menonjolkan sisi “Aku”. Yah jati diri perlu ditonjolkan, jangan hanya ikut trend yang belum tentu cocok. Kalau menurut saya, kreatif itu harus dari hati. Tak boleh dipaksakan. Bagaimana kita dapat menghasilkan karya yang bagus kalau kita saja tak gembira olehnya. Oke lha, orang sering bilang kita harus punya passion saat berkreativitas. 

Sama seperti minum kopi. Kita harus punya selera. Kau suka Arabica atau Robusta. Seduhlah yang kau suka. Cukup nikmati seleramu dulu, baru kau dapat bandingkan bagaimana rasa kopi yang lain. Bedakan, lalu gunakan analisa yang tepat untuk menggambarkannya. Perbedaan adalah inti dari kesimpulan kreativitas mana yang lebih unggul. Lalu kau cukup jalan saja di situ. Dalami seluk-beluk dan segala tantangan di dalamnya, seperti kau seruput kopi pahit. Rasakan pahitnya, asamnya, gurihnya hingga kau dapat rasa betapa nikmatnya secangkir kopi kreatif.

Posting Komentar untuk "KOPI KREATIF JURUS AMPUH TINGKATKAN KREATIVITAS "