Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Nyata Rahasia Lolos Tes CPNS 2018 Berbagai Instansi, Simak Tips Sukses Mereka!


Sebuah pendapat menyatakan bahwa untuk sukses tidak harus jadi PNS, namun menjadi PNS dapat menjadi salah satu media kesuksesan dalam ikut serta membangun negara. Banyak alasan mengapa seseorang ikut serta di dalam Tes CPNS. Mulai dari motif patriotisme, motif ekonomi, atau motif membuat bangga  orang tua. Semangat untuk mencapai impian lolos Tes CPNS menjadi membara ketika seseorang memiliki motif tertentu. Tentu saja, tidak hanya sekedar motif saja yang dibutuhkan untuk lolos. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari mental, spiritual hingga kesiapan materi ujian. Berdasarkan kisah nyata teman-teman yang lolos Tes CPNS 2018 di berbagai instansi kemarin, ada beberapa tips sukses lolos Tes CPNS versi mereka. Simak rahasia sukses mereka melalui hasil wawancara berikut ini.
Bagaimanakah Tips Sukses Tes CPNS Berdasarkan Pengalaman Kalian  Kemarin? Berikut jawaban mereka atas pertanyaan tersebut! Kita mulai dari responden kita yang pertama. Dia lolos Tes CPNS  di Pemkab. Banyuwangi, inisial W.I. Mbak satu ini memiliki kiat-kiat yang luar biasa. Kiat-kiatnya sebagai berikut.
1. Daftar di Detik-Detik Terakhir. Mbak W.I menyatakan bahwa dia daftar di hari terakhir jadwal pendaftaran supaya dapat mengetahui berapa banyak saingan yang harus dihadapi ketika memilih formasi.
2. Positif Thinking Selalu. Dia berusaha untuk tidak stres ketika menghadapi tes SKD dan SKB meskipun hanya sedikit belajar.
3. Jangan Terlalu Berharap Banyak! Dia menjelaskan bahwa pasrah saja pada kehendak Allah Swt, entah lolos atau tidak. Niatkan saja untuk menambah pengalaman. Misalkan tidak lolos tahun ini, masih bisa ikut tahun berikutnya.
4. Berdoa Untuk Yang Terbaik, Bukan Minta Lolos. Dia percaya bahwa jika berdoa ingin diterima Tes CPNS, maka sama saja dia mendoakan para saingannya tidak lolos. Sungguh doa yang jahat. Maka dia cukup berdoa untuk diberikan yang terbaik untuk hidupnya.
5. Tenang Saja Waktu Tes. Jika stres, segera ambil nafas buang nafas berulang-ulang. Pasrah terhadap hasil dan menerima dengan ikhlas.
6. Percaya Bahwa Allah Swt Telah Merencanakan Yang Terbaik!

Baca Juga: SURVEY MENJADI GURU YANG BAIK ALA MILENIALS
Tips selanjutnya adalah hasil wawancara kita kepada dua temen yang sama-sama lolos Tes CPNS pemprov. Jatim. Sebut saja mereka Upin dan Ipin hehehe. Bukan-bukan, sebut saja mereka I.P.M dan M.F. Mereka berbagi tips sukses mereka sebagai berikut.
1. Tidak Punya Target Yang Muluk-Muluk. Dia menjelaskan bahwa kita tidak perlu menetapkan target, cukup menjalani proses yang sesuai prosedur. Ikuti saja! Kata M.F
2. Jangan Lupa Doa dari Orang Tua. Restu orang tua sangatlah penting, karena restu orang tua adalah restu Allah Swt. Begitu kata M.F dan I.P.M dengan sangat kompak.
3. Yakin. Yakin yang dimaksud adalah yakin bahwa kita telah melakukan semuanya dengan maksimal. Kata I.P.M.
4. Sombong. Rasa sombong yang dimaksud adalah sebuah motivasi untuk membuat diri sendiri merasa lebih kuat daripada para pesaing. Kata I.P.M yang hobi sombong hehehe.
Berikutnya tips dari temen kita yang lolos Tes CPNS Dosen Kemenag. Sebut saja dia E.S.A. Dia bukan manusia ajaib, hanya sekedar manusia biasa yang beruntung. Kalau disimak tips darinya, semakin jelas bahwa keberuntungan bisa datang pada siapa saja. Termasuk dia yang lolos Tes CPNS hanya berbekal doa. Nah, untuk lebih jelasnya dapat disimak tipsnya berikut ini.
1. Doa. Pondasinya dalam mengikuti tes.
2. Jangan Banyak Belajar. Menurut E.S.A kebanyakan belajar malah bikin bingung dan akhirnya stres terus gagal (Yang bersangkutan pengalaman gagal lolos passing grade SKD, namun lolos perankingan P2/L).
3. Gabung Group Yang Khusus Bahas Soal Tes CPNS. Belajarnya cukup dari group saja.
4. Waktu Hari H-1 Full Santai. Gak usah belajar. Gak usah mikir apa-apa. Kalau bisa tidur seharian.
5. Waktu Tes Harus Pinter Ngatur Waktu Untuk Menjawab Soal. Soalnya pengalaman SKD kehabisan waktu.
Kita lanjutkan ke tips selanjutnya, dari saudara yang lolos Tes CPNS di lingkungan Pemkot. Denpasar, Bali. Tips dari yang bersangkutan dominan bernuansa religi. Apa saja tipsnya, yuk kita simak.
1. Minta Doa ke Orang Tua Dan Saudara-Saudara.
2. Perbanyak Sholat Tahajud dan Duha. Meskipun gak rutin tetep diusahakan setiap hari.
3. Berdoa Setiap Sholat. Minta sama Allah supaya dilancarkan ujiannya dan dimudahkan menjawab soal.
4. Perbanyak Sholawat Tiada Henti.
Demikian Kisah Nyata Rahasia Lolos Tes CPNS 2018 Berbagai Instansi. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam sukses di depan mata untuk para sahabat yang mau ikut Tes CPNS 2019/PPPK 2019!

Posting Komentar untuk "Kisah Nyata Rahasia Lolos Tes CPNS 2018 Berbagai Instansi, Simak Tips Sukses Mereka! "